Selasa, 10 Juli 2012

Their Dreams

Dua hari satu malam bermain bersama adik-adik jalanan dalam Jambore Sahabat Anak sungguh menyenangkan. Bermain, bercanda bersama, tidur 1 tenda dengan 40 adik 23 pendamping, makan bersama, meninggalkan kesan tersendiri dalam diri pendamping dan adik. Lelah itu pasti tapi kepuasan, pengalaman, dan pelajaran hidup yang diperoleh dalam Jambore Sahabat Anak XVI, 7-8 Juli 2012 di Ragunan ini tak tergantikan terlebih melihat keceriaan mereka.


Di sini mereka diajarkan untuk kompak, saling kerjasama, saling menghargai satu sama lain, saling menghormati. Hal ini terlihat dalam permainan-permainan yang terbagi dalam beberapa pos. Pos Debat Cilik, dimana mereka diajak untuk berani berpendapat dan menghargai pendapat orang lain; Pos Workshop menulis, melukis, dan menulis lagu & bermain musik, dimana mereka diajarkan untuk berani berekspresi melalui tulisan, gambar, dan lagu. Pos Suarakan Impianmu mengajak mereka untuk berorasi dengan cara mereka. Dan berbagai macam permainan lainnya yang mengajarkan mereka untuk saling kerjasama dan kompak.

Acara yang setiap tahunnya diadakan oleh Sahabat Anak ini diikuti 1000 anak marjinal, 500 volunteer dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional. Jambore Sahabat Anak kali ini mengangkat tema “Suarakan Impianmu”. Mereka anak marjinal yang terabaikan, tak didengar diharapkan berani untuk mensuarakan impian mereka.


“Aku ingin punya buku tulis untuk sekolah” ucap seorang peserta dari Bimbel Senen saat ditanya pendampingnya. Begitu sederhana impiannya  agar dia bisa lanjut sekolah. Apakah impian mereka hanya berhenti sampai di sini?? Marilah kita bantu mereka agar mereka dapat mewujudkan impian-impian mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar